Tips Agar Anda Cepat Hamil

Sepertinya sudah berbagai Aneka macam tips untuk cepat hamil yang kita dengar.. baik dari teman, keluarga, maupun saudara. Tips-tips tersebut ada yang berhasil dengan baik, namun banyak juga yang tidak.
Dari lusinan bahkan puluhan tips yang pernah didapat, berdasarkan pengalaman yang dikumpulkan dari pasangan-pasangan yang telah berhasil hamil, dan referensi medis yang terpercaya, berikut 7 tips telah teruji dengan baik yang layak untuk Anda pertimbangkan:
1. Cukupi kebutuhan vitamin dan nutrisi untuk kesuburan

Vitamin c dipercaya dapat meningkatkan kualitas sperma. vitamin E dapat meningkatkan kesuburan pria dan wanita.
Vitamin B6 merupakan pengatur dan pendukung hormon reproduksi.
Asam folat dibutuhkan untuk mencegah kelainan dan perkembangan tabung otak bakal janin.
Vitamin C, Zinc salah satunya, dapat meningkatkan kualitas sperma.
Vitamin E dapat meningkatkan kesuburan pria dan wanita.
Zat besi berfungsi sebagai peningkat jumlah sel darah merah.Mengonsumsi madu murni juga penting, karena madu bisa menjadi alternatif obat mujarab untuk merangsang kesuburan agar cepat hamil .


2 - Rencanakanlah waktu berhubungan Anda

Salah satu tips terpenting untuk cepat hamil adalah dengan merencanakan waktu untuk berhubungan Anda dengan pasangan.
Sperma dapat hidup selama max 5 hari di dalam rahim. Karena itu untuk meningkatkan kesempatan terjadinya kehamilan, lakukan hubungan 2 hari sebelum masa ovulasi/ keluarnya sel telur.
Untuk mengetahui kapan terjadinya ovulasi, ada beberapa cara yang dapat digunakan:
- sistem kalender
- suhu tubuh basal /Basal Body Temperatur
- elastisitas lendir serviks
- dan yang terbaru, strip penguji masa subur (dapat dibeli di apotik terdekat dengan nama Fertility)
Saat yang baik untuk berhubungan seks adalah setiap hari sebelum ovulasi. Misalnya, pada wanita umumnya berovulasi pada hari ke-14, maka baik untuk bersenggama di hari ke-12, ke-13,dan ke-14 siklus menstruasi.

Cara menghitung masa subur:
- perkiraan hari terjadinya ovulasi (Y) = tanggal haid pertama + x hari (rata-rata siklus haid anda) – 14 hari
Masa subur = tanggal (Y-3) s/d tanggal (Y+3)
Catatan : masa subur adalah perkiraan hari ovulasi dapat terjadi, yaitu diperkirakan 3 hari sebelum s/d 3 hari setelahnya.

3 - Stop Merokok dan Minuman Beralkohol

Berdasar studi yang baru saja dipublikasikan oleh konferensi ESHRE (Human Reproduction & Embryology) di Barcelona, minuman beralkohol dapat menurunkan tingkat kesempatan wanita untuk hamil secara normal sebanyak 44%, dan 28% untuk wanita perokok. Bahkan merokok tidak hanya akan berpengaruh pada tingkat kesuburan saja.. namun juga dapat meningkatkan resiko kelainan kehamilan pada sang calon janin kelak. Bagi pria, kurangi minuman mengandung kafein seperti kopi, teh, dll karena dapat menurunkan produksi sperma.

4 - Pilihlah posisi yang tepat pada saat berhubungan

Untuk pasangan yang sudah mendambakan kehadiran sang buah, missionary adalah posisi yang paling disarankan. Mengingat posisi ini memungkinkan penetrasi yang cukup dalam sehingga rahim dapat menyimpan sperma untuk waktu yang lebih lama. Sebaiknya hindari posisi woman on top, karena memperkecil kemungkinan rahim untuk menyimpan sperma.

5 - Kontrol Berat Tubuh Anda

Berat badan yang normal atau seimbang memiliki andil besar meningkatkan kesempatan untuk terjadinya kehamilan. Tidak jarang kita temui sebagian besar pasangan yang memiliki masalah dengan berat badannya umumnya juga akan bermasalah dengan kehamilannya.
Kelebihan berat badan akan membawa pengaruh yang kurang baik bagi tingkat kesuburan Anda. Usahakanlah untuk mencapai berat tubuh yang ideal terlebih dulu. Sebaliknya, terlalu kurus juga membawa pengaruh negatif yang sama.
6 - Ganjal Pinggul Dengan Bantal

Setelah berhubungan, istri jangan cepat bangkit, tetaplah berbaring selama 15-30 menit dengan posisi pinggul ke atas dan diganjal dengan bantal atau bisa juga kaki diangkat diatas bersandar pada dinding.
7 - Berdoa
Setelah semua ikhtiar sudah diusahakan, jangan lupa untuk sering sering berdo’a kepada Yang Maha Kuasa karena tiada daya dan upaya manusia kecuali atas kehendak tuhan.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+