Tips Menghindari Kekhawatiran Seputar Kehamilan

Kehamilan merupakan fase yang membahagiakan sekaligus membuat wanita cemas. Kecemasan seringkali membuat psikis ibu hamil menjadi tidak nyaman bahkan menggangu aktivitasnya.Selain itu kecemasan pada ibu hamil seringkali ditimbulkan dari informasi yang didapat sehingga selama kehamilan anda dapat menghindari beberapa informasi yang berpengaruh negatif pada pikiran anda.

Umumnya trimester pertama dan kedua pada ibu hamil akan mengalami perubahan fisik dan psikis. Salah satu yang mempengaruhinya adalah perkembangan janin di dalam kandungannya yang seringkali mengarah pada stres. Ibu hamil akan memiliki rasa takut yang berbeda-beda karena setiap orang memiliki perbedaan dalam mengidentifikasi ketakutan yang dialami selama kehamilannya. Ibu hamil yang seringkali mengalami kekhawatiran selama hamil harus mendapatkan dukungan penuh dari orang terdekatnya, terutama suaminya. Kecemasan tidak hanya akan mengganggu aktivitas selama kehamilan akan tetapi menjelang persalinan yang mempengaruhi kesiapan anda selama persalinan.
Tips menghindari kekhawatiran seputar kehamilan dengan cara-cara berikut ini :

Berpikir Positif

Kekhawatiran selama kehamilan dikarenakan anda terlalu banyak mendapatkan informasi negatif sehingga anda berpikir bahwa kehamilan tidak menyenangkan padahal kondisi ini justru harus anda ubah dengan penuh keyakinan bahwa kehamilan adalah masa yang menyenangkan dan tidak semua orang dapat mendapatkan anugerah untuk hamil. Untuk sementara waktu anda hindari berita atau informasi yang membuat anda dapat berpikir negatif. Dari cara berpikir positif maka akan membuat anda menjaga kesehatan diri sendiri dan janin anda.

Terbuka Mengenai Berbagai Masalah

Kekhawatiran yang tinggi selama kehamilan seringkali dipicu karena pertanyaan yang seringkali menggangu pikiran dan tidak dapat diungkapkan. Anda dapat berbagi dengan suami dan cobalah terbuka pada dokter untuk berkonsultasi dan mendapatkan saran-sarannya.

Latihan Relaksasi

Relaksasiadalah upaya yang dapat mengistirahatkan psikis dan fisik anda sehingga dapat membantu untuk kembali pemberdayaan diri seperti beberapa metode relaksasi selama kehamilan yang dapat anda ikuti.Selain membuat tubuh rileks juga dapat membantu dalam mengurangi rasa sakit ketika akan melahirkan.

Terapi Musik dan Aroma Terapi

Mendengarkan musik dapat membuat anda rileks sehingga membuat anda lebih tenang. Untuk mendapatkan nilai lebih bagi kesehatan janin anda sebaiknya anda mendengarkan musik Mozart yang dapat berpengaruh positif pada janin anda. Anda dapat pula menambahkan minyak aroma terapi untuk membantu dalam memberikan ketenangan pada diri anda, pilihlah aroma terapi yang sesuai dengan favorit anda dan tidak membahayakan janin.

Perbanyak Wawasan

Kekhawatiran yang timbul pada ibu hamil seringkali dikarenakan perubahan yang terjadi selama kehamilan , bersifat normal. Perubahan yang tidak menjadi beban sehingga untuk mengetahui perubahan yang normal atau kelainan selama kehamilan anda dapat menambah wawasan mengenai kehamilan dan persiapan persalinan.

Dengan demikian bagi anda yang masih merasakan cemas ketika masa kehamilan karena kekhawatiran seputar kehamilan sebaiknya ikuti langkah-langkah diatas sehingga tidak berpengaruh pada kondisi psikis dan fisik anda yang dapat memicu pada perkembangan janin . Selain itu perbanyak untuk menambah nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan kehamilan anda untuk tetap menjaga kondisi ibu dan janin.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+